Libur Lebaran, Wisata Wahana Tirta Kolam Renang Sidorejo Diserbu Ribuan Pengunjung

Wisata kolam renang wahana tirta.

KEPAHIANG, ASPIRASITERKINI.COM - Selama libur lebaran 1445 H tahun 2024 ini, sejumlah tempat wisata di Kabupaten Kepahiang banyak diserbu pengunjung ataupun wisatawan. Tidak terkecuali wisata Wahana Tirta atau Kolam Renang Desa Sidorejo Kecamatan Kabawetan Kepahiang.

Baik itu wisatawan dari wilayah kabupaten Kepahiang sendiri, maupun wisatawan dari luar daerah, bahkan dari Provinsi lain.

Pemilik sekaligus pengelola wisata wahana Tirta Tarman mengatakan, selama libur lebaran atau sejak lebaran kedua hingga H+5 lebaran ini. Sudah ada ribuan wisatawan yang mengunjungi wisata kolam renang miliknya ini. Dimana setiap harinya, ada ratusan wisatawan yang berdatangan secara silih berganti.

Pemilik wisata, Tarman.

"Alhamdulillah, wisatawan yang berkunjung ke wisata kita sangat ramai. Semoga dengan banyaknya pengunjung yang datang ini, bisa meningkatkan kesejahteraan UMKM yang berjualan di tempat wisata, serta bisa membantu meningkatkan PAD untuk Pemkab Kepahiang melalui sektor retribusi parkir," ujar Tarman.

Dijelaskan Tarman, untuk biaya masuk kolam renang sendiri terbilang murah, yakni Rp 10 ribu perorang. Akan tetapi untuk biaya parkirnya tersendiri, kendaraan roda 2 Rp 5 ribu, dan kendaraan roda 4 Rp 10 ribu. Bahkan dikatakannya, melalui retribusi parkir yang diambil, pihaknya menyetorkan sekitar 25 persen untuk membantu peningkatan PAD Kepahiang. Sementara untuk setoran wisata kolam renang sendiri, pihaknya menyetorkan sekitar 10 persen untuk PAD Kepahiang.

"Dengan adanya wisata kolam renang wahana tirta ini, kami berharap kedepannya Kabupaten Kepahiang semakin dikenal lagi oleh masyarakat secara luas. Serta kolam renang kita juga semakin ramai dikunjungi oleh masyarakat, meskipun diluar haru lebaran," sampainya.

Fasilitas di wisata kolam renang.

Adapun jarak yang bisa ditempuh oleh masyarakat atau wisatawan yang ingin berkunjung ke wisata kolam renang wahana tirta, sampai Tarman. Dari pusat kota hanya membutuhkan waktu sekitar lebih kurang 15-20 menit, melalui akses jalan aspal, dan hamparan perkebunan kabawetan yang memanjakan mata.

"Untuk menuju wisata kolam renang kita ini, itu tidak jauh dari Pasar Kepahiang. Jadi bagi masyarakat yang hendak berkunjung ke wisata kita, silahkan datang langsung ke lokasi. Ada petunjuk dan merek yang bisa diikuti oleh wisatawan untuk menuju kesini," ungkapnya.

Lanjut Tarman, selain ada kolam renang tempat pemandian untuk wisatawan. Akses ke wisata kolam renang ini juga merupakan akses menuju wisata air terjun yang ada di sekitar kolam renang. Tak hanya itu jelasnya, pihaknya juga menyediakan sejumlah fasilitas seperti parkir yang luas, tempat ibadah, tempat istirahat, dan tempat belanja yang disediakan UMKM.

"Kalau untuk fasilitas, insya Allah kita menyediakan fasilitas yang nyaman untuk wisatawan. Jadi pengunjung kami pastikan akan puas setelah berkunjung dari wisata kami ini," terangnya.

Lokasi parkir wisata.

Disamping itu berkenaan dengan akses jalan masuk ke lokasi wisata tambah Tarman, pihaknya berharap ada bantuan pembangunan dari Pemkab Kepahiang. Karena meskipun akses jalan menuju ke lokasi kolam renang sudah aspal beton semua. Ada sekitar 200 meter akses jalan yang memang masih perlu pembangunan.

"Dengan keberadaan wisata kami ini yang bisa mengenalkan Kabupaten Kepahiang kepada masyarakat luas. Saya berharap nanti ada bantuan pembangunan akses jalan juga, di sekitar wisata kita ini," tutupnya. (SC)

Baca Juga

0/Post a Comment/Comments

idul fitri