Pasca Paripurna dan Menerapkan RME, Puskesmas Pasar Kepahiang Terus Tingkatkan Pelayanan

Heni Mahita, S.Tr, Keb

KEPAHIANG, ASPIRASITERKINI.COM - Setelah dinyatakan Paripurna, dan dilaunching menerapkan Rekam Medik Elektronik (RME) pada akhir tahun 2023 lalu. Puskesmas (PKM) Pasar Kepahiang terus meningkatkan kualitas pelayanan untuk para pasiennya. Mulai dari pelayanan soal kesehatan di dalam gedung, maupun layanan kesehatan diluar gedung. Seperti layanan TB, dan juga sejumlah layanan lainnya. Serta peningkatan SDM agar lebih berkompeten, dan peningkatan fasilitas kesehatan, agar dapat melayani para pasiennya secara maksimal.

Kapus Pasar Kepahiang Heni Mahita, S.Tr, Keb mengatakan, peningkatan layanan kesehatan yang dilakukan pihaknya ini, untuk menunjang mutu layanan kesehatan secara digitalisasi. Serta untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan taraf layanan kesehatan yang ada.

"Pada penilaian survei kepuasan masyarakat, kita mendapatkan nilai sebesar 95,5. Sedangkan pada pada penilaian ombudsman, kita mendapat nilai 93,80. Bahkan kita juga mendapatkan akreditasi paripurna di awal tahun 2024 kemarin. Karena itu atas capaian-capaian yang telah diraih, kita akan terus memaksimalkan dan meningkatkan pelayanan untuk masyarakat," ungkap Heni.

Dengan itu juga lanjut Heni, pihaknya tidak akan menelantarkan para pasiennya. Serta akan mengerahkan seluruh personil atau petugas kesehatannya, sesuai dengan keahlian dan kemampuan masing-masing secara kompeten. Sehingga menurutnya, dokter ataupun seluruh personil kesehatan yang ada di PKM Pasar Kepahiang, tidak akan membuat kesalahan yang melanggar SOP terhadap para pasiennya.

"Puskesmas kita sudah Paripurna, dan kita juga mendapat nilai terbaik selama 2 tahun berturut-turut. Baik itu nilai ombudsman, kepuasan masyarakat, hingga menjadi paripurna. Karena itu secara integritas, kita akan menunjukkan bahwa layanan di Puskesmas Kepahiang bisa lebih meningkat terus secara optimal," terangnya.

Salah satu piagam penghargaan Puskesmas Pasar Kepahiang.

Selain itu Heni juga menegaskan, dalam memaksimalkan pelayanannya. Jika memang masih ada pelayanan Puskesmas Pasar Kepahiang yang tidak baik atau masih sangat kurang. Pasien ataupun pihak keluarga pasien, bisa melaporkan keluhannya secara langsung kepada pihaknya. Baik itu melalui IG, FB yang sudah disematkan, Kotak saran, email, web, contact person Petugas pengaduan, dan melalui scan barcode yang sudah dipasang di pintu-pintu pada setiap ruang pelayanan, yang juga sudah ada nama-nama petugasnya.

"Pasien bisa langsung memberikan tanggapan dan keluhannya, untuk saya ataupun petugas kesehatan lainnya yang ada di Puskesmas Pasar Kepahiang. Karena kami juga mempunyai akun medsos serta barcode pengaduan dan keluhan, untuk menampung keluhan seluruh pasien yang tidak puas. Selain itu wajar saja jika Puskesmas kita selalu dicari-cari kesalahannya. Selain karena Puskesmas kita berada di pusat kota, Puskesmas kita juga sudah Paripurna dan memiliki layanan yang sangat baik. Yang jelas yang namanya baik, itu pasti ada-ada saja yang tidak senang," tutupnya. (SC)

Baca Juga

0/Post a Comment/Comments

idul fitri